Metode Vakum Aspirasi di Klinik Aborsi

By | Mei 30, 2019

Metode Vakum Aspirasi di Klinik Aborsi Untuk Usia Kehamilan dibawah 13 Minggu Vakum aspirasi merupakan metode aborsi yang direkomendasikan oleh WHO baik itu di Rumah Sakit maupun Klinik Aborsi. Usia kehamilan tidak boleh berusia lebih dari 14 minggu. Proses aborsi dengan menggunakan metode ini merupakan yang paling aman dan cepat. Selain itu, hasil dari aborsi vakum aspirasi juga sangat efektif.

Dalam pelaksanaannya, proses aborsi vakum aspirasi terbagi menjadi dua metode, yaitu:

Vakum manual – Prosedur ini dapat digunakan untuk usia kehamilan sekitar 5 hingga 12 minggu setelah periode menstruasi terakhir (awal trismester pertama). Metode ini melibatkan penggunaan jarum suntik yang dirancang khusus untuk mengisap janin (fetus) atau embrio. Tidak semua klinik aborsi menyediakan metode ini. Namun, di beberapa wilayah geografis, metode ini lebih mudah ditemukan dibandingkan vakum aspirasi menggunakan pompa elektrik.

Vakum elektrik – vakum elektrik metode yang umum digunakan untuk kehamilan trisemester pertama (5-12 minggu) kehamilan. Vakum aspirasi dengan metode ini melibatkan penggunaan tabung pipih (kanula) yang dilekatkan dengan tabung ke botol dan pompa, sehingga menghasilkan vakum yang lembut. Kanula dimasukkan ke dalam rahim, pompa dihidupkan, dan jaringan (janin) dilepas dengan lembut dari rahim.

Prosedur Aborsi Vakum Aspirasi di Klinik Aborsi Jakarta

Vakum Aspirasi umumnya adalah teknik penyedotan. Hal ini sangat efektif karena di usia kehamilan tersebut janin masih berbentuk gumpalan darah saja. Sebelumnya, antibiotik diberikan untuk mencegah terjadinya infeksi. Proses atau prosedur vakum aspirasi umumnya memakan waktu antara 10 hingga 15 menit.

Selama proses aborsi vakum aspirasi, dokter spesialis kandungan yang menangani aborsi akan melakukan tindakan meliputi:

  • Memposisikan Anda di meja praktik. Posisi tubuh Anda berbaring telentang dengan kaki mengangkang, sama seperti posisi saat akan melakukan pemeriksaan panggul.
  • Memasukkan spekulum ke dalam vagina.
  • Membersihkan vagina dan leher rahim menggunakan larutan antiseptik.
  • Menyuntikkan anestesi lokal pada leher rahim atau memberikan obat untuk nyeri atau sedasi, selain anestesi lokal.
  • Menahan leher rahim menggunakan tenakulum (instrumen bedah dengan penjepit di bagian ujungnya).
  • Membuka atau melebarkan kanal serviks menggunakan instrumen kecil.
  • Menerapkan Dilatasi untuk mengurangi risiko cedera pada serviks selama prosedur vakum aspirasi berlangsung.
  • Memasukkan kanula ke dalam kanal serviks dan mengoleskan isap untuk melepaskan semua jaringan dari rahim dengan lembut. Saat jaringan rahim diangkat, rahim akan berkontraksi.

Kebanyakan wanita cenderung merasakan kram ringan selama prosedur aborsi ini berlangsung. Kram tersebut akan berkurang setelah kanula dilepas. Namun, beberapa wanita juga mungkin mengalami mual, berkeringat atau merasakan sensasi seperti akan pingsan (efek bius).

Apakah setelah melewati prosedur di atas proses vakum aspirasi selesai? Aborsi dinyatakan selesai jika semua jaringan di dalam rahim sudah berhasil diangkat. Oleh karena itu, jaringan yang dikeluarkan dari dalam rahim selama prosedur vakum aspirasi diperiksa untuk memastikan bahwa semua jaringan sudah dilepas.

Terkadang prosedur pelebaran dan kuretase juga diperlukan setelah vakum aspirasi jika masih ada jaringan yang belum berhasil dilepaskan dari rahim. Prosedur pelebaran dan kuretase ini akan dilakukan menggunakan alat bedah untuk membersihkan jaringan yang masih tertinggal di dalam rahim.

Proses pemulihan prosedur aborsi vakum aspirasi ini membutuhkan waktu pemulihan antara 30 – 60 menit. Pasien akan langsung diperbolehkan pulang di hari itu juga, dengan catatan tidak boleh melakukan aktivitas berat selama kurun waktu 1 minggu.

 

Berkonsultasilah sebelum melakukan tindakan aborsi, langsung dengan dokter Spesialis Kandungan di layanan yang telah kami sediakan, atau bisa juga membaca terlebih dahulu di website resmi kami.

 

Prosedur Klinik Kuret Steril

Pelayanan yang terbaik untuk pasien kami sebuah hal yang sangat penting demi menjaga kepercayaan yang telah kami dapatkan lebih dari 15 Tahun untuk melayani proses aborsi yang ditangani oleh Dokter Spesialis Obstetri & Genekologi asli yang sudah berpengalaman di bidangnya

Membuat Janji Kedatangan

Pertama-tama lakukanlah appointment atau janji kedatangan dengan menghubungi contact center Klinik Bunda Ciara yang tertera pada situs ini. Selain via telepon kami juga dapat dihubungi melalui Whatsapp. Kami akan merespon dengan cepat.

Mendaftarkan Diri

Sesampainya di klinik aborsi Bunda Ciara, anda wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu. Data yang dibutuhkan klinik Bunda Ciara adalah nama, alamat dan nomor telepon. Data tersebut kami butuhkan guna keperluan check up pasca aborsi dan kartu berobat. Perlu diketahui sekali lagi bahwa kami berkomitmen menjaga data privasi anda maka anda tidak perlu khawatir perihal keamanan data privasi.

Pemeriksaan Dokter

Dokter akan melakukan pemeriksaan USG, struktur panggul, dsb secara transparan sehingga nantinya akan diketahui : Berapa usia kehamilan, Apakah sudah pernah mengkonsumsi obat/percobaan aborsi lainnya, Apakah terdapat kista pada rahim​, Hasil pemeriksaan itulah yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan oleh dokter dalam menentukan biaya aborsi.

Konsultasi

Setelah pemeriksaan selesai, selanjutnya adalah konsultasi dengan dokter spesialis yang menangani. Dokter akan menjelaskan hasil pemeriksaan tersebut, apakah bisa dilakukan tindakan hari itu juga atau tidak. Namun pada kebanyakan kasus, tindakan kuret / aborsi dapat dilakukan hari itu juga. Pada saat konsultasi inilah, dokter akan memutuskan mengenai biaya kuretase. Setelah terjadi kesepakatan bersama mengenai biaya aborsi kuret tersebut. Tindakan aborsipun dapat langsung dilakukan.

Proses Tindakan Kuret

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa proses atau prosedur kuret / aborsi yang digunakan klinik kuret Bunda Ciara adalah metode vakum aspirasi (sedot udara) untuk kehamilan sampai dengan 14 minggu. Untuk diatas usia kehamilan itu, metode yang digunakan adalah dilatasi dan evakuasi (D & E). Proses vakum aspirasi lebih cepat selesai bahkan anda bisa pulang dihari yang sama dan beraktifitas secara normal.

Perawatan Pasca Aborsi

Setelah aborsi selesai anda akan dibawa keruang perawatan pasca kuret dan menjalani perawatan/pemulihan sekitar 20menit – 1 jam. Setelah kondisi fisik sudah normal dan anda sudah fit. Anda bisa diperbolehkan pulang. Namun jangan lupa untuk melakukan kontrol kembali ke klinik aborsi 1 minggu kemudian untuk memastikan apakah peluruhan sudah 100% tuntas atau belum. Selain itu akan ada pantangan makanan/minuman yang harus dihindari selama 1 minggu setelah tindakan aborsi.

 

KLINIK KURET STERIL
100% Legal dari DEPKES dan ditangani Dokter Spesialis Kandungan (SpOG)

KLINIK BUNDA CIARA
Call 081315212211

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *