Mengenal Proses dan Prosedur Aborsi

By | Mei 30, 2019

Mengenal Proses dan Prosedur Aborsi Legal di Rumah Sakit dan Klinik Aborsi Sesuai Usia Kehamilan Jenis prosedur aborsi legal yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan (ObGyn) di rumah sakit atau klinik aborsi sangat bergantung pada usia kehamilan, yaitu jumlah minggu sejak hari pertama menstruasi terakhir (HPL). Termasuk status kesehatan dan preferensi pribadi wanita yang bersangkutan, serta ketersediaan prosedur di wilayah tempat tinggalnya (negaranya).

Metode atau cara aborsi dikategorikan ke dalam prosedur yang dapat dilakukan selama trimester pertama kehamilan (usia kandungan sampai dengan 14 minggu) dan yang dilakukan selama trimester kedua (usia kandungan diatas 14 minggu). Adapun prosedur aborsi pada trimester pertama meliputi Vakum Aspirasi (manual dan elektrik), aborsi medis.

Sementara untuk Dilatasi dan Evakuasi (D & E) serta Instilasi digunakan untuk menangani kehamilan pada trimester kedua.

Lebih lengkapnya mengenai proses aborsi legal yang biasa digunakan rumah sakit dan klinik aborsi diseluruh dunia mari simak pada penjelasan di bawah ini.

Proses dan Prosedur Aborsi untuk Kehamilan Trimester Pertama

1. Vakum Aspirasi Manual

  • Digunakan selama awal kehamilan (5-9 minggu)
  • Prosedur rawat jalan di mana kanula plastik fleksibel berukuran kecil terpasang pada jarum suntik dimasukkan ke dalam rahim
  • Isi rahim dikosongkan dengan isapan lembut yang dibuat oleh jarum suntik
  • Anestesi lokal umumnya digunakan
  • Kurang dari 1% komplikasi
  • Memiliki tingkat keberhasilan 99,5%

2. Vakum Aspirasi Elektrik

  • Digunakan selama kehamilan hingga 13-14 minggu
  • Prosedur rawat jalan di mana kanula plastik atau logam yang terpasang pada pompa elektrik dimasukkan ke dalam rahim setelah serviks membesar
  • Isi rahim dikosongkan dengan isapan lembut yang dibuat oleh pompa elektrik
  • Anestesi lokal atau umum dapat digunakan
  • Membutuhkan waktu kurang dari 15 menit
  • Memiliki tingkat komplikasi kurang dari 1%.

3. Aborsi Medis

  • Dilakukan dengan pemberian obat secara oral atau vaginal – tanpa melibatkan operasi atau anestesi
  • Dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan penyedia layanan medis karena tidak perlu ke fasilitas pelayanan aborsi untuk melakukan prosedur ini
  • Beberapa wanita merasakan kontrol yang lebih besar karena dapat memutuskan di mana dan dalam keadaan apa kehamilannya akan diakhiri
  • Prosedur ini sulit bagi wanita yang tidak memiliki privasi di rumah
  • Dalam persentase kecil kasus (sekitar 5 dari 100 wanita), aborsi dengan prosedur ini tidak tuntas dan mengharuskan dilakukannya tindakan operasi
  • Beberapa formulasi berbeda tersedia. Metode yang paling umum digunakan adalah menggunakan Mifepristone (RU-486) dengan Misoprostol dan Metotreksat dengan Misoprostol.

Proses dan Prosedur Aborsi untuk Kehamilan Trimester Kedua dan Trimester Selanjutnya

1. Dilatasi dan Evakuasi (D & E)

  • Metode pilihan untuk menggugurkan kandungan dengan usia kehamilan trimester kedua (13-24 minggu)
  • Menggabungkan vakum aspirasi dan penggunaan forceps
  • Dilatasi serviks yang dibutuhkan dengan menggunakan laminaria atau dilator osmotik lainnya (zat alami atau sintesis yang melebarkan serviks secara perlahan dan menyerap isi rahim secara lembut)
  • Kehamilan yang lebih tua mungkin memerlukan waktu dua hari untuk memungkinkan dilator osmotik mulai bekerja
  • Dapat dilakukan secara rawat jalan yang dilengkapi dengan memberikan anestesi umum
  • Aman dan efektif bila dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan berpengalaman (Dokter Ahli ObGyn)
  • Risiko meningkat saat kehamilan berkembang.

2. Prosedur Instilasi

  • Kontraksi uterus disebabkan oleh suntikan garam atau prostaglandin ke dalam cairan amnion melalui perut
  • Butuh waktu lama dan secara emosional sulit bagi wanita
  • Harus dilakukan di rumah sakit
  • Tidak disarankan jika prosedur D & E tersedia
  • Angka kematian untuk prosedur D & E 2,5 kali lebih rendah dibandingkan metode Instilasi.

Itulah beberapa metode, proses ataupun prosedur aborsi legal yang tersedia di rumah sakit atau klinik aborsi resmi. Bagaimana pun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih merekomendasikan prosedur aborsi vakum aspirasi (surgical abortion), karena dianggap paling aman hingga saat ini dan memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi.

Kami adalah klinik raden saleh, Klinik Aborsi yang menjamin segala tindakan aborsi anda tuntas 100% hanya dalam waktu 1 hari tanpa membutuhkan rawat inap.

 

Klinik Kuret Steril dan Aman

Klinik Bunda Ciara ialah Klinik Kesehatan untuk Reproduksi bagian Obstetri & Genekologi yang mempunyai izin resmi berlokasi di wilayah kota jakarta yang mengerjakan tindakan medis bagian penyakit kandungan dengan metode Aborsi sesuai standard Ilmu kedokteran,

Klinik Bunda Ciara dedikasikan untuk pelayanan kebidanan dan kandungan dengan memberikan layanan aborsi aman tanpa efek samping yang sesuai dengan prosedur medis agar menekan kasus gagal aborsi yang banyak dilakukan oleh wanita di kalangan masyarakat dengan cara aborsi yang tidak aman seperti menggunakan obat aborsi, jamu aborsi, dan cara ilegal lainnya.

Tindakan Ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan pasien dan disesuaikan dengan kesehatan pasien sehingga tindakan yang kami berikan dijamin tepat sesuai dengan kondisi pasien. Di klinik aborsi ini tindakan dilakukan dengan metode vacum atau penyedotan oleh dokter spesialis kandungan. Semua tindakan medis dilakukan berdasarkan standar operasi pelaksanaan kedokteran kandungan.

Di klinik kuret Bunda Ciara memberikan jaminan kesehatan keamanan, privasi, serta kenyamanan dengan fasilitas klinik dengan bangunan modern dengan ruang tunggu dan ruang perawatan privasi bersih dan senitasi yang baik sehingga aman bebas infeksi.

Prosedur Klinik Kuret Steril

Pelayanan yang terbaik untuk pasien kami sebuah hal yang sangat penting demi menjaga kepercayaan yang telah kami dapatkan lebih dari 15 Tahun untuk melayani proses aborsi yang ditangani oleh Dokter Spesialis Obstetri & Genekologi asli yang sudah berpengalaman di bidangnya

Membuat Janji Kedatangan

Pertama-tama lakukanlah appointment atau janji kedatangan dengan menghubungi contact center Klinik Bunda Ciara yang tertera pada situs ini. Selain via telepon kami juga dapat dihubungi melalui Whatsapp. Kami akan merespon dengan cepat.

Mendaftarkan Diri

Sesampainya di klinik aborsi Bunda Ciara, anda wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu. Data yang dibutuhkan klinik Bunda Ciara adalah nama, alamat dan nomor telepon. Data tersebut kami butuhkan guna keperluan check up pasca aborsi dan kartu berobat. Perlu diketahui sekali lagi bahwa kami berkomitmen menjaga data privasi anda maka anda tidak perlu khawatir perihal keamanan data privasi.

Pemeriksaan Dokter

Dokter akan melakukan pemeriksaan USG, struktur panggul, dsb secara transparan sehingga nantinya akan diketahui : Berapa usia kehamilan, Apakah sudah pernah mengkonsumsi obat/percobaan aborsi lainnya, Apakah terdapat kista pada rahim​, Hasil pemeriksaan itulah yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan oleh dokter dalam menentukan biaya aborsi.

Konsultasi

Setelah pemeriksaan selesai, selanjutnya adalah konsultasi dengan dokter spesialis yang menangani. Dokter akan menjelaskan hasil pemeriksaan tersebut, apakah bisa dilakukan tindakan hari itu juga atau tidak. Namun pada kebanyakan kasus, tindakan kuret / aborsi dapat dilakukan hari itu juga. Pada saat konsultasi inilah, dokter akan memutuskan mengenai biaya kuretase. Setelah terjadi kesepakatan bersama mengenai biaya aborsi kuret tersebut. Tindakan aborsipun dapat langsung dilakukan.

Proses Tindakan Kuret

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa proses atau prosedur kuret / aborsi yang digunakan klinik kuret Bunda Ciara adalah metode vakum aspirasi (sedot udara) untuk kehamilan sampai dengan 14 minggu. Untuk diatas usia kehamilan itu, metode yang digunakan adalah dilatasi dan evakuasi (D & E). Proses vakum aspirasi lebih cepat selesai bahkan anda bisa pulang dihari yang sama dan beraktifitas secara normal.

Perawatan Pasca Aborsi

Setelah aborsi selesai anda akan dibawa keruang perawatan pasca kuret dan menjalani perawatan/pemulihan sekitar 20menit – 1 jam. Setelah kondisi fisik sudah normal dan anda sudah fit. Anda bisa diperbolehkan pulang. Namun jangan lupa untuk melakukan kontrol kembali ke klinik aborsi 1 minggu kemudian untuk memastikan apakah peluruhan sudah 100% tuntas atau belum. Selain itu akan ada pantangan makanan/minuman yang harus dihindari selama 1 minggu setelah tindakan aborsi.

 

KLINIK KURET STERIL
100% Legal dari DEPKES dan ditangani Dokter Spesialis Kandungan (SpOG)

KLINIK BUNDA CIARA
Call 081315212211

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *